Senin, 03 September 2018

Mengatasi Anorexia

Sebagai seorang gadis muda yang tumbuh di Polandia, saya adalah lambang dari anak “ideal”. Saya memiliki nilai bagus di sekolah, berpartisipasi dalam beberapa kegiatan setelah sekolah, dan selalu berperilaku baik. Tentu saja, itu tidak berarti saya adalah seorang gadis berusia 12 tahun yang bahagia. Ketika saya menuju masa remaja saya, saya mulai ingin menjadi orang lain ... seorang gadis "sempurna" dengan "sosok sempurna." Seseorang yang mengendalikan hidupnya sepenuhnya. Itu sekitar waktu saya mengembangkan anoreksia nervosa.

Saya jatuh ke lingkaran setan penurunan berat badan, pemulihan, dan kambuh, bulan demi bulan. Pada akhir usia 14 dan dua kali menginap di rumah sakit, saya dinyatakan sebagai "kasus yang hilang", yang berarti para dokter tidak tahu apa yang harus dilakukan dengan saya lagi. Bagi mereka, saya terlalu keras kepala dan tidak bisa disembuhkan.

Jika Anda atau seseorang yang Anda kenal sedang berjuang dengan gangguan makan, klik di sini untuk mengobrol dengan relawan Saluran Bantuan Gangguan Makan Nasional (NEDA) »

Setelah internet menjadi lebih tersedia, saya jatuh di bawah mantera situs web "pro-ana" yang terkenal. Halaman-halaman dan ruang obrolan penuh dengan posting-posting yang mempromosikan gangguan makan dan foto-foto glamor dari tubuh-tubuh kurus yang tidak wajar. Berbagai situs pro-ana diinvestasikan dalam gangguan makan, dan saya sangat terpikat. Namun ketika mencoba menemukan diri saya di situs-situs ini, saya perhatikan bahwa orang lain tidak mendiskusikan untuk melakukan apa pun di luar grup obrolan ini. Tidak ada yang bepergian ke mana pun, dan perjalanan adalah sesuatu yang selalu saya minati.

Selama tahun-tahun terburuk saya, saya akan melihat tempat-tempat indah di TV dan mengagumi gambar-gambar eksotis di National Geographic. Tetapi saya tidak pernah berpikir saya pernah mengunjungi tempat-tempat itu. Saya tidak pernah dapat melakukan perjalanan ke negara asing, atau melompat dari benua ke benua. Mereka semua tampak terlalu mahal dan di luar jangkauan, terutama bagi seseorang dari Polandia, di mana mata uangnya rendah. Selain itu, setiap kali saya menyebutkan keinginan saya untuk melakukan perjalanan, saya mendapat tanggapan yang sama dari keluarga saya: "Tidak mungkin Anda dapat melakukan perjalanan jika mengalami anoreksia."

Saya diberitahu bahwa saya tidak akan memiliki energi untuk berjalan dan melihat-lihat sepanjang hari. Atau duduk di pesawat selama berjam-jam dan makan apa dan kapan saya perlu. Dan meskipun saya tidak ingin mempercayai siapa pun, mereka semua memiliki poin yang cukup bagus.

Saat itulah sesuatu diklik. Seaneh kedengarannya, membuat orang mengatakan bahwa saya tidak dapat melakukan sesuatu yang benar-benar mendorong saya ke arah yang benar. Saya perlahan mulai makan makanan biasa. Saya mendorong diri saya untuk menjadi lebih baik agar dapat melakukan perjalanan sendiri.

Tapi ada tangkapan.

Begitu saya melewati tahap tidak makan menjadi kurus, makanan menguasai hidup saya. Kadang-kadang, orang yang hidup dengan anoreksia akhirnya mengembangkan kebiasaan makan yang tidak sehat dan sangat terbatas di mana mereka hanya makan bagian-bagian tertentu atau barang-barang tertentu pada waktu-waktu tertentu.

Seolah-olah selain anoreksia, saya menjadi orang yang hidup dengan gangguan obsesif-kompulsif (OCD). Saya mempertahankan diet ketat dan latihan olahraga dan menjadi makhluk rutin, tetapi juga menjadi tahanan rutinitas dan makanan tertentu. Tugas sederhana mengonsumsi makanan menjadi ritual dan gangguan apa pun berpotensi menimbulkan stres dan depresi yang sangat besar bagi saya. Jadi, bagaimana saya bisa bepergian jika bahkan pemikiran mengubah zona waktu melemparkan jadwal makan dan suasana hati saya menjadi kacau?

Pada titik ini dalam hidupku, kondisiku telah mengubahku menjadi orang luar yang total. Saya adalah orang aneh dengan kebiasaan aneh ini. Di rumah, semua orang mengenal saya sebagai "gadis dengan anoreksia." Firman berjalan cepat di kota kecil. Itu adalah label yang tidak dapat dihindari dan saya tidak bisa menghindarinya.

Saat itulah saya terpukul: Bagaimana jika saya berada di luar negeri?

Jika saya berada di luar negeri, saya bisa menjadi siapa pun yang saya inginkan. Dengan bepergian, saya melarikan diri dari realitas saya dan menemukan diri saya yang sebenarnya. Jauh dari anoreksia, dan jauh dari label yang dilemparkan orang lain pada saya.

Karena saya berkomitmen untuk hidup dengan anoreksia, saya juga fokus untuk mewujudkan impian perjalanan saya. Tetapi untuk melakukan ini, saya tidak bisa bergantung pada hubungan yang tidak sehat dengan makanan. Saya memiliki motivasi untuk menjelajahi dunia dan saya ingin meninggalkan rasa takut makan di belakang. Saya ingin menjadi normal kembali. Jadi saya mengemasi tas saya, memesan penerbangan ke Mesir, dan memulai petualangan seumur hidup.

Ketika kami akhirnya mendarat, saya menyadari betapa cepatnya rutinitas makan saya berubah. Saya tidak bisa hanya mengatakan tidak pada makanan yang penduduk setempat tawarkan kepada saya, itu akan sangat kasar. Saya juga benar-benar tergoda untuk melihat apakah teh lokal yang saya layani memiliki gula di dalamnya, tetapi siapa yang ingin menjadi pengelana yang menanyakan tentang gula dalam teh di depan semua orang? Yah, bukan aku. Daripada mengganggu orang lain di sekitar saya, saya memeluk budaya dan adat setempat yang berbeda, akhirnya membungkam dialog batin saya.

Salah satu momen terpenting datang kemudian dalam perjalanan saya ketika saya menjadi sukarelawan di Zimbabwe. Saya menghabiskan waktu dengan penduduk setempat yang tinggal di rumah-rumah tanah yang sempit dengan ransum makanan dasar. Mereka begitu bersemangat menyambut saya dan dengan cepat menawarkan beberapa roti, kubis, dan pap, bubur jagung lokal. Mereka menempatkan hati mereka untuk membuatnya untuk saya dan kemurahan hati itu melebihi kekhawatiran saya sendiri tentang makanan. Yang bisa saya lakukan hanyalah makan dan sangat menghargai dan menikmati waktu yang kami habiskan bersama.

Awalnya saya menghadapi ketakutan yang sama setiap hari, dari satu tujuan ke tujuan berikutnya. Setiap asrama dan asrama membantu saya meningkatkan keterampilan sosial dan menemukan kepercayaan diri yang baru ditemukan. Berada di sekitar begitu banyak pelancong dunia menginspirasi saya untuk menjadi lebih spontan, terbuka untuk orang lain dengan mudah, menjalani hidup lebih bebas, dan yang lebih penting, makan apa pun secara acak dengan orang lain.

Saya menemukan identitas saya dengan bantuan komunitas yang positif dan suportif. Aku sudah selesai dengan ruang obrolan pro-ana yang aku ikuti di Polandia yang berbagi gambar makanan dan tubuh kurus. Sekarang, saya berbagi gambar tentang diri saya di berbagai tempat di seluruh dunia, merangkul kehidupan baru saya. Saya merayakan pemulihan saya dan membuat kenangan positif dari seluruh dunia.

Pada saat saya menginjak usia 20 tahun, saya benar-benar bebas dari apa pun yang dapat menyerupai anoreksia nervosa, dan perjalanan telah menjadi karier penuh waktu saya. Alih-alih melarikan diri dari ketakutan saya, seperti yang saya lakukan di awal perjalanan saya, saya mulai berlari ke arah mereka sebagai wanita yang percaya diri, sehat, dan bahagia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar